Minggu, 27 Desember 2009

bioavailabilitas sediaan rektal

BAB I
PENDAHULUAN

Kolon dan rektum merupakan bagian dari saluran pencernaan atau saluran gastro intesinal dimana proses pencernaan makanan untuk menghasilkan energi bagi tubuh dilakukan dan bahan-bahan yang tidak berguna lagi (fecal matter/stol) dibuang. Mengembangnya dinding rektum karena penumpukan material di dalam rektum akan memicu sistem saraf yang menimbulkan keinginan untuk melakukan defekasi. Jika defekasi tidak terjadi, sering kali material akan dikembalikan ke usus besar, di mana penyerapan air akan kembali dilakukan dan konstipasi dan pengerasan feses akan terjadi.
Rektum biasanya kosong, namun ketika feses dipaksakan kedalamnya oleh dorongan otot kolon, hal ini melebarkan dinding rektum dengan menginisiasi refleks defekasi. Pada batang otak terdapat pusat defekasi di mana dengan dimediasi oleh refleks parasimpatis menimbulkan kontraksi dinding kolon sigmoid, rektum dan relaksasianal spingter. Feses didorong ke saluran anal, signalnya disampaikan ke otak dimana timbul pengiriman sinyal “disadari” ke otot spingteranal untuk membuka atau menutup saat feses keluar. Bila defekasi terlambat maka refleks ini berhenti beberapa saat dan mulai kembali sehingga menimbulkan dorongan defekasi yang lama-kelamaan tidak dapat dihindarkan lagi.
Anus manusia terletak di bagian tengah bokong, bagian posterior dari peritoneum. Terdapat dua otot sphinkter anal (di sebelah dalam dan luar). Otot ini membantu menahan feses saat defekasi. Salah satu dari otot sphinkter merupakan otot polos yang bekerja tanpa perintah, sedangkan lainnya merupakan otot rangka.
Gambar Anus

Fungsi Rektum:
Rektum mempunyai dua peran mekanik yaitu sebagai tempat penampungan feses dan mendorongnya saat pengeluaran. Adanya mukosa memungkinkan terjadinya penyerapan yang tidak dapat diabaikan, hal ini menguntungkan pada pengobatan dengan supositoria dan lavement nutritif


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Rectal adalah pemberian obat melalui rektum yang layak untuk obat yang merangsang atau yang diuraikan oleh asam lambung, biasanya supositoria,kadang-kadang sebagai cairan (klisma 2-10ml, lavemen:10-500ml). tujuannya memperoleh efek lokal dan efek sistemik. Bentuk sediaan obat yang digunakan adalah larutan, suppositoria dan salep.
Penggunaan salep pada rektum ditujukan untuk efek lokal atau sistemik, sedangkan yang bentuk larutan digunakan untuk larutan pembersih atau cairan urus- urus. Rektum dan kolon mampu menyerap banyak obat yang diberikan secara rektal untuk tujuan memperoleh efek sistemik, hal ini dapat menghindari perusakan obat atau obat menjadi tidak aktif karena pengaruh lingkungan perut dan usus.
Obat rektal adalah obat yang ditujukan untuk pengobatan local atau keadaan-keadaan yang dibutuhkan seperti:
1. penderita dalam keadaan muntah atau terdapat gangguan saluran cerna.
2. bila terdapat kemungkinan zat aktif rusak oleh getah lambung yang asam atau oleh enzim usus.
3. bila zat aktif mengalami kerusakan pada perlintasan pertama melalui hati.



Kerugian pemberian obat melalui rektum adalah :
• tidak menyenangkan
• absorpsi obatnya tidak teratur
• Onset of action lebih lama
• Jumlah total zat aktif yg dapat diabsorbsi kadang - kadang lebih kecil dari rute pemberian yang lain
• dosis dan posisi absorbsi dapat menimbulkan peradangan bila digunakan secara terus menerus.
ANATOMI DAN FISIOLOGI REKTUM
Kolon dan rektum adalah bagian dari sistem pencernaan tubuh, yang menghilangkan nutrisi dari makanan dan toko-toko limbah sampai lolos keluar dari tubuh. Bersama-sama, kolon dan rektum bentuk panjang, tabung berotot yang disebut usus besar (juga disebut usus besar). Kolon adalah yang pertama 6 kaki dari usus besar, dan rektum adalah yang terakhir 8-10 inci.
Bentuk :

Rektum
Struktur anatomi :
 Terdapat empat alpisan rektum dari arah luar ke dalam berurutan:
1. lapisan serosa peritonial
2. lapisan otot
3. lapisan bawah mukosa
4. lapisan mukosa

 Rektum dialiri oleh tiga jenis haemorrhoidales :
1. venae haemorrhoidales superior yang bermuara ke vena mesentericum inferior, selanjutnya masuk kedalam vena porta, dan juga membawa darah langsung ke peredaran umum.
2. venae haemorrhoidales medialis dan vena haemorhoidales inferior yang bermuara ke venae cava inferior dengan perantara venae iliaca interna selanjutnya membawa darah ke peredaran umum (kecuali hati)

 persarafan rektum terdiri dari:
1. anyaman haemorrhoidales bagian atas (plexus harmorrhoidales superior)
2. anyaman haemorrhoidales yang keluar dari plexus hipogastricum
3. saraf haemorhoidales atau saraf anus yang merupakan cabang dari plexus sacralis.
Mekanisme Kerja
Mekanisme kerja supositoria dibagi menjadi tiga kelompok yaitu
1. supositoria berefek mekanik
bahan dasar supositoria berefek mekanik tidak peka pada penyerapan. Supositoria mulai berefek bila terjadi kontak yang menimbulkan refleks defikasi, namun pada keadaan konstipasi refleks tersebut lemah. Pada efek kontak tersebut terutama pada supositoria gliserin terjadi fenomena osmose yang disebabkan oleh afinitas gliserin terhadap air. Hal tersebut menimbulkan gerakan peristaltik
2. supositoria berefek setempat
termasuk dalam kelopok ini adalah supositoria anti wasir. Yaitu senyawa yang efeknya disebabkan oleh adanya sifat astringen atau peringkas pori. Ke dalam basis supositoria yang sangt beragam kadang-kadang ditambahkan senyawa peringkas pori baik dengan cara penyempitan maupun hemostatik. Dalam formula supositoria sering terdapat senyawa penenang. Obat tersebut bekerja secara rangkap baik terhadap perifer maupun sentral yang terakhir ini sepenuhnya berefek sistemik.
3. supositoria berefek sistemik
adalah supositoria yang mengandung senyawa yang diserap dan berefek pada organ tubuh selain rektum. Pada kelompok ini termasuk supositoria nutritif, supositoria obat.
 Supositoria Nutritif
Digunakan pada penyakit tertentu dimana saluran cerna tidak dapat menyerap makanan. Jumlah senyawa yang diserap tentu saja sedikit, namun sudah cukup untuk mempertahankan hidup.
 Supositoria Obat
Supositoria tersebut mengandung zat aktif yang harus diserap, mempunyai efek sistemik dan bukan efek stempat. Bila supositoria obat dimasukan ke dalam rektum pertama-tama akan timbul efek refleks, selanjutnya supositoria melebur atau melarut dalam cairan rektum hingga zat aktif tersebar dipermukaan mukosa, lalu berefek setempat dan selanjutnya memasuki sistem getah bening. Obat yang masuk ke peredaran darah akan berefek spesifik padda organ tubuh tertentu sesuai dengan efek terapetiknya.

Rute Rektal
Lima puluh persen aliran darah dari rektum memintas sirkulasi portal (melalui hati  biasanya pada rute oral), sehingga biotransfortasi obat oleh hati dikurangi. Bagian obat yang diabsorpsi dalam 2/3 bagian bawah rektum langsung mencapai vena cava inferior dan tidak melalui vena porta. Keuntungan pemberian melalui rektal (juga sublingual) dl mencegah penghancuran obat oleh enzim usus atau pH dalam lambung.
Supositoria, yang dipakai secara rektal mengandung zt aktif yang tersebarkan (terdispersi) di dalam lemak yang berupa padatan pada suhu kamar tetapi meleleh pada suhu sekitar 35ÂșC, sedikit di bawah suhu badan. Jadi setelah disisipkan ke dalam rektum sediaan padat ini akan meleleh dan melepaskan zat aktifnya yang selanjutnya terserap dalam aliran darah.

Secara rektal supositoria digunakan untuk distribusi sistemik, karena dapat diserap oleh mukosa dalam rektum. Aksi kerja awal dapat diperoleh secara cepat, karena obat diabsorpsi melalui mukosa rektal langsung masuk kedalam sirkulasi darah, serta terhindar dari pengrusakan obat dari enzim didalam saluran gastro-intestinal dan perubahan obat secara biokimia didalam hepar.
Obat yang diabsorpsi melalui rektal beredar dalam darah tidak melalui hati dahulu hingga tidak mengalami detoksikasi atau biotransformasi yang mengakibatkan obat terhindar dari tidak aktif.

Penyerapan direktum dapat terjadi dengan tiga cara yaitu:
1. lewat pembuluh darah secara langsung
2. lewat pembuluh getah bening
3. lewat pembuluh darah secara tidak langsung melalui hati.

Menurut Ravaud Penyerapan hanya terjadi pada pembuluh darah secara langsung lewat inferior dan vena intermedier yang berperan dan membawa zat aktif melalui vena iliaca ke vena cava inferior. Menurut Quecauviller dan Jund bahwa penyerapan dimulai dari vena haemorrhoidalles inferior terutama vena haemorrhoidalles superior menuju vena porta melalui vena mesentricum inferior. Saluran getah bening juga berperan pada penyerapan rektal yaitu melalui saluran toraks yang mencapai vena subclavula sinistra. Menurut Fabre dan Regnier pengaruh tersebut hanya berlaku pada obat-obat yang larut lemak.
Mukosa rektum dalam keadaan tertentu bersifat permeable sempurna. Penyerapan rektum kadang-kadang lebih baik dari penyerapan bukal. Selain itu penyerapan juga tergantung pada derajat pengosongan saluran cerna jadi tidak dapat diberlakukan secara umum. Bahkan bebrapa obat tertentu tidak diserap oleh mukosa rektum.
Banyak obat yang tidak diresorbsi secara teratur dan lengkap dari rektum, sebaiknya diberikan dosis yang melebihi dosis oral dan digunakan pada rektum kososng, akan tetapi setelah obat diresorbsi efek sistemisnya lebih cepat dan lebih kuat dibandingkan per oral, berhubung vena-vena bawah dan tengah dari rektum tidak tersambung pada sistem porta dan obat tidak melalui hati pada peredaran darah pertama, sehingga tidak mengalami perombakan FPE (first pass effect). Pengecualian adalah obat yang diserap dibagian atas rektum dan oleh vena rectalis superior disalurkan ke vena portae dan kemudian ke hati, misalnya thiazinamium.dengan demikian penyebaran obat didalam rektum yang tergantung dari basis supositoria yang digunakan, dapat menentukanrutenya kesirkulasi darah. Supositoria dan salep juga sering kali digunakan untuk efek lokal pada gangguan poros-urus, misalnya wasir.

Faktor – faktor yang mempengaruhi absorpsi obat per rektal :
1. Faktor Fisiologis
Rektum mengandung sedikit cairan dengan pH 7,2 dan kapasitas daparnya rendah. Epitel rektum keadaannya berlipoid, maka diutamakan permiabel terhadap obat yang tak terionisasi. Jumlah obat yang diabsorpsi dan masuk keperedaran darah umumnya tergantung dimana obat itu dilepas direktum.
2. Faktor Fisika Kimia dari Obat atau Basis
Urutan peristiwa yang menuju absorpsi obat melalui daerah anorektal secara diagram adalah sebagai berikut :
Obat dalam pembawa → Obat dalam cairan – cairan kolon → Absorpsi melalui cairan rektal.
Bila jumlah obat dalam cairan renal ada diatas level yang menentukan laju maka peningkatan konsentrasi obat yang nyata tidak mempunyai peranan dalam mengubah laju absorpsi obat yang ditentukan. Tetapi konsentrasi obat berhubungan dangan laju penglepasan obat dari basis supositoria. Adanya surfaktan dapat atau tidak dapat mempermudah absorpsi tergantung pada konsentrasi dan interaksi obat yang mungkin terjadi. Ukuran partikel obat secara langsung berhubungan dengan laju absorpsi.

absorpsi obat dari daerah anorektal dipengaruhi oleh faktor fisiologis :
• isi kolon
• sirkulasi
• pH
Karakteristik fisika kimia obat yang mempengaruhi absorpsi :
• koefisisn partisi lemak atau air
• derajat ionisasi.
Faktor yang berhubungan dengan laju absorbsi :
• Kelarutan obat
Pelepasan obat tergantung koefisien partisi lipid air dari obat. Artinya obat yang larut dalam basis lipid dan kadarnya rendah mempunyai tendensi kecil untuk cairan rektal. Dan obat yang sedikit larut dalam basis lipid dan kadarnya tinggi akan segera masuk didalam cairan rektal.
• Kadar obat dalam basis
Difusi obat dari basis supositoria merupakan fungsi kadar obat dan sifat kelarutan obat dalam basis. Pengangkutan melewati mukosa rektum adalah proses difusi sederhana, maka bila kadar obat dalam cairan renal tinggi maka absorpsi obat akan menjadi cepat dan kecepatan absorpsi makin tinggi bagi bentuk obat yang tidak terdisosiasi.
• Ukuran partikel
Bila kelarutan obat dalam air terbatas dan tersuspensi didalam basis supositoria maka ukuran partikel akan mempengaruhi kecepatran larutan dari obat ke cairan renal.
• Basis supositoria
Obat yang larut dalam air dan berada dalam basis lemak akan dilepas segera kecairan renal bila basis cepat melepas setelah masuk kedalam rektum, dan obat akan segera diabsorpsi serta kerja awal dari aksi obat akan segera nyata. Bila obat yang larut dalam air dan berada dalam basis larut air kerja awal dari aksi obat akan segera nyata apabila basis tadi segera larut dalam air.
Kenyataan bahwa rektum atau kolom merupakan tempat absorpsi obat yang dapat diandalkan terbukti dengan baik. Untuk menjaga keefektifan terapis obat dalam suatu sediaan harus dilakukan pemilihan garam obat dan basis yang sesuai.
KINETIKA PRE-DISPOSISI ZAT AKTIF

Penyerapan zat aktif terjadi setelah proses pelepasan, pemindahan, pelarutan dan penembusan ke cairan rektum dan keseluruhan proses itu dirangkum dalam istilah ”kinetik pelepasan atau kinetik predisposisi” (A) sedangkan fenomena difusi dan penyerapan disebut ” Kinetika penyerapan” (B).
Keseluruhan proses kinetik yang berurutan tersebut tidak dapat saling dipisahkan dan terdapat sejumlah faktor yang berpengaruh pada berbagai tahap tersebut.
• pelelehan/peleburan; suppo melunak→leleh → zat aktif berpindah ke cairan rektum → proses difusi →abs.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINETIK PRE-DISPOSISI ZAT AKTIF
Karena pemberiannya secara khusus ada kemumgkinan terjadi refleks penolakan melebihi cara pemberian bentuk sediaan lain maka supositoria harus melepaskan zat aktifnya agar segera menimbulkan efek seefektif cara pemberian oral. Kecepatan dan keefektifan sediaan supositoria sangat ditentukan oleh afinitas basis terhadap zat aktif, parameter yang harus diperhatikan pada semua keadaan.
Kinetik predisposisi terdiri atas dua tahap yaitu:
1. penghancur sediaan
ini ditujukan untuk pemberian lavement yang mengandung larutan zat aktif yang menimbulkan efek farmakologi jauh lebih cepat dari pemberian supositoria yang mengandung zat akti yang sama. Ini telah dibuktikan bahwa semakin tinggi suhu lebur zat pembawa maka efek farmakologik yang ditimbulkan semakin lambat, dan tentu saja tidak terjadi untuk supositoria yang melebur pada suhu 42-430 C.
2. pemindahan dan pelarutan zat aktif kedalam cairan rektum diikuti difusi menuju membran yang akan dibacanya (untuk efek setempat) atau berdifusi melintasi embran agar dapat mencapai siste peredaran darah( efek sistemik).
Transfer zat aktif dari zat pembawa yang melebur atau terlarut pada mukosa rektum ( merupakan tahap penentu dalam rangkaian proses yang terkait) tidak hanya sebagai fungsi dari sifat lapisan yang terpapar namun juga keadaannya dalam supositoria dan beberapa sifat fisiko kimianya.
• Sifat zat aktifnya
• Kelarutan zat aktif
• Koefesien partisi zat aktif dalam fase lemak dan cairan rektum.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINETIKA PENYERAPAN ZAT AKTIF YANG DIBERIKAN PER-REKTUM
Penyerapan rektum dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang juga mempengaruhi proses penyerapan pada cara pemberian lainnya, kecuali intra vena dan intaarteri. Penyerapan perrektum dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut:
• Kedudukan supositoria setelah pemakaian
• Waktu-tinggal supositoria didalam rektum
• pH cairan rektum
• konsentrasi zat aktif dalam cairan rektum


KETERSEDIAAN HAYATI
Data ketersediaan hayati digunakan untuk menentukan:
1. Banyaknya obat yang diabsorbsi dari formulasi sediaan.
2. Kecapatan obat yang diabsorbsi.
3. Lama obat berada dalam cairan biologi atau jaringan dan dikorelasikan dengan respon pasien.
4. Hubungan antara kadar obat dalam darah dan efikasi klinis serta toksisitas.

OPTIMASI KETERSEDIAAN HAYATI SUPOSITORIA
Kemampuan penembusan dan penyerapan obat dengan pemberian secara rektal terutama tergantung pada sifat fika kimianya. peranan bahan pembawa pada peristiwa ini sangat kompleks sehingga dengan pemilihan bahan pembawa yang sesuai maka kemungkinan ketersediaan hayati dari zat aktif dapat diperbaiki.
Faktor Fisika Kimia
1. Konsentrasi zat aktif
konsentrasi zat aktif dlm cairan rektum → kelarutan; - semakin besar konsentrasi, laju abs.>; bentuk garam lbh cepat di abs. daripada btk asam (Na tolbutamid, Na Salisilat, Na Barbiturat); peningkatan kelarutan dgn mengubah konst.dielketrik zat aktif atau basis (PEG), - dosis kecil lbh cepat di abs. dibanding dosis besar pembentukan kompleks zat aktif dgn pembawa dpt menghambat abs.
2. Pemilihan pembawa
Sebagai bahan dasar supositoria digunakan lemak yang meleleh pada suhu tubuh (36,80 C) yakni oleum cacao dan gliserida sintesis. Demikian pula zat-zat hidrofil yang melarut dalam getah rektum, misalnya campuran carbowax dan gliserin+gelatin.
Telah dibuktikan bahwa semakin tinggi sehu lebur zat pembawa maka efek farmakologiknya yang ditimbulkan lam. Jelaslah bahwa laju pelehan zat pembawa merupakan langkah penting dalam pelepasan zat aktif. Pelepasan ini terjadi sempurna hanya jika zat pembawa mencapai suhu lebur. Jadi pada proses peleburan maka masa kental akan melapisi permukaan mukosa. Dari lapisan inilah zat aktif akan berpindah ke cairan rektum. Sifat lapisan tersebut sangat tergantung pada sifat fisika zat pembawa :
• Konsistensi : masa yang keras lebih sulit pecah dibandingkan masa yang agak lunak seperti kapsul rektum atau gelatin lunak yang dapat menyebabkan pelepasan yang lebih cepat. Tetapi faktor tersebut dapat diabaikan bila suhu lebur masa dibawah 370 C
• Kekentalan setelah peleburan : Moes membuktikan bahwa laju pelepasan zat aktif dari supositoria lebih lambat bila kekentalan zat yang melebur lebih tinggi.
• Kemampuan pecah : zat pembawa yang kental akn menyulitkan pemecahan dan pembentukan lapisan dari sebagian permukaan yang kontak dengan mukosa akan memperlambat pelepasan. Pengamatan sejenis telah dilakukan pada zat pembawa yang larut dalam rektum dan terbukti adanya hubungan antara laju pelepasan zat aktif ( in vitro ) dan modul elastisitasnya.
3. Kelarutan
Bila zat aktif sangat larut lemak dan dalam dosis kecil maka kecil kemungkinan untuk menembus cairan rektum yang sedikit. Sebaliknya zat aktif yang larut lemak tetapi konsentrasinya mendekati jenuh akan menembus cairan rektum dengan mudah. Tetapi hal tersebut juga tergantung dari koefesien partisi zat aktif dalam fase lemak dan cairan rektum
ditenJumlah total abs. dpt tukan menurut pers. Higuchi dgn ketentuan sbb :
a. Zat aktif larut dalam pembawa
juml Q zat aktif yg diserap per satuan waktu ditentukan oleh : ketebalan lapisan leburan suppo., konsentrasi zat aktif terlarut, koof.difusi zat aktif dlm pembawa, waktu stlh pemakaian suppo.
- juml terserap (%) ; R = 100 Q/h.C₀
4. Surfaktan
Pada tahun 1945 MacKee G, M, dkk, memperlihatkan adanya pengaruh surfaktan pada penyerapan. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan dan daya adhesi zat pembawa berlemak untuk supositoria dapat ditambahkan surfaktan dengan HLB antara 4-9.
5. Koeefesien Partisi zat aktif dalam fase lemak dan cairan rektum
Seperti yang telah dibuktikan pada percobaan in-vitro zat aktif larut lemak mula-mula akan larut dalam basis supositoria sebelum melewati permukaan fil cair dengn berbagai mekanisme difusi sederhana.
Zat aktif yang larut air harus dapat mencapai permukaan film cairan dengan berbagai mekanisme transpor, misalnya pengendapan setelah mencapai permukaan tersebut zat aktif selanjutnya akn dibasahi oleh fase air dan lepas dari basis dengan proses pelarutan, bila senyawa semakin larut maka pencapaian permukaan tersebut semakin cepat.
Koefesien partisi zat aktif diantara basis berlemak dan cairan rektum lebih besar dibandingkan koefesien partisi zat aktif dalam fase lemak dan air karena terlebih dahulu terjadi keseimbangan antara dua kelarutan.
EVALUASI KETERSEDIAAN SUPOSITORIA
Evaluasi yang harus dipertimbangkan yaitu:
• zat aktif yang terserap
• komponen pembawa yang digunakan
• proses pabrikasi dan cara penyimpanan sediaan obat




BAB III
PEMBAHASAN

Supositoria adalah sediaan berbentuk solid, dimaksudkan untuk pemberian obat melalui rektal, vagina, atau uretra dan meleleh , melunak, melarut dalam tubuh.
Hal mendasar yang perlu dipertimbangkan sebelum formulasi supositoria adalah:
1. efek yang diinginkan : lokal atau sistemik
2. rute pemberian : rektal, vagina, uretra.
3. Pelepasan zat aktif dari sediaan : cepat, lambat, diperlama tetapi supositoria yang tidak melepaskan zat aktifnya dalam 6 jam tidak boleh digunakan.
Faktor yang mempengaruhi pelepasan zat aktif dari sediaan supositoria adalah adanya air, viskositas, kekerasan supositoria, kerapatan, volume kontraksi, ketidaktersatukan zat aktif dengan komponen formula, kecepatan pelepasan obat, farmakokinetik dan ketersediaan hayati
Sifat fisika kimia yang perlu diperhatikan:
1. Adanya air
Membantu distribusi zat aktif dalam sediaan supositoria pada umunya dihindari dalam pembuatan supos, air dapat mempercepat proses oksidasi lemak, meningkatkan kecepatan penguraian zat aktif banyak obat dan komponen lain dalam supositoria
2. Viskositas
Merupakan hal penting dalam pembuatan supositoria karena viskositas berpengaruh pada kecepatan pelepasan obat. Jika viskositas basis rendah perlu ditambahkan pensuspensi agar zat aktif terdispersi merata sampai supos benar-benar memadat. Jika viskositas didalam cairan tubuh tinggi pelepasan zat aktif akan diperlambat karena menurunnya difusi zat aktif melalui basis. Meningkatkan viskositas dengan peningkatan rantai asam lemak dari basis lemak.
3. Kerpuhan
Supos yang rapuh akan menyulitkan dalam penanganan, pengemasan dan penggunaan. Masalah ini bisa diatasi mengusahakan suhu cetakan hampir mendekati suhu lelhan
4. Kerapatan
Kerapatan dapat mempengaruhi bobot akhir supos. Masalh ini dapat diatasi dengan penetapan bilang pengganti.





BAB IV
KESIMPULAN

Rectal adalah pemberian obat melalui rektum yang layak untuk obat yang merangsang atau yang diuraikan oleh asam lambung, biasanya supositoria,kadang-kadang sebagai cairan (klisma 2-10ml, lavemen:10-500ml). tujuannya memperoleh efek lokal dan efek sistemik. Bentuk sediaan obat yang digunakan adalah larutan, suppositoria dan salep.
Meknisme pelepasan zat aktif dari basi supositoria :
1. Difusi melalui lelehan basis, untuk basis lemak
2. Difusi melalui pelarutan basis, untuk basis larur air.




Cairan rektum adalah polar
Kecepatan pelpasan obat dan aksi obat tergantung pada :
• Kondisi basis supos dalam cairan tubuh
• Disolusi zat aktif
• Difusi zat aktif melalui lapisan mukosa


OPTIMASI KETERSEDIAAN SUPOSITORIA
• zat aktif yang terserap
- Misal diganti dengan bentuk garam yang memiliki sifat absorbsi yang lebih cepat
- Sifat fisiko kimia zat aktif
• komponen pembawa yang digunakan
- sifat fisika zat pembawa
- zat pembawa yang cocok untuk zat aktif, dll

• proses pabrikasi dan cara penyimpanan sediaan obat
- Teknologi yang lebih mutakhir













DAFTAR PUSTAKA

Anif, moh. Farmasetika. Cet 2. Yogyakarta : Gajah Mada University press 1994

Anonim,Suppositoria.zip.http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&ct=res&cd=2&ved=0CAoQFjAB&url

Anggi05’’sBlog.http :www.wordpress.com. 09 November 2009. Pukul 21.00

Lachaman, Leon. Teori dan Praktek Farmasi Industri. Edisi ke 3. Jakarta : UI press 1994

Simanjuntak. Biofarmasi Sediaan Yang Diberikan Melalui Kulit, 2005. USU Repository.http://library.usu.ac.id/download/fmipa/05009241.pdf

Tjay, Tan Hoan, dkk. Obat – Obat Penting. Edisi keenam. PTGramedia : Jakarta

3 komentar:

maaf apabila ada yang salah-salah..masih tahap belajar